Senin, 14 Oktober 2019

Berlaku Jurdil

Bab 3
Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan

dari Buku PAI-BP Penerbit Erlangga


Hikmah kejujuran diantaranya:

  • Bernilai ibadah
  • Mendatangkan pahala
  • Memberikan ketenangan batin
  • Memiliki keberanian yang tinggi
  • Memperkuat kedudukan
  • Menegakkan norma dan sendi-sendi kebaikan dalam kehiduapan
  • Memperkokoh dalam bernegara dan berbangsa

  2. Dalil hadist tentang ciri-ciri munafik

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اٰيَةُ المُنَافِقِ ثَلاَثٌ: اِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَاِذَا وَعَدَ اَخْلَفَ، وَاِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ (رواه البخاري)
 

Dalil tentang kewajiban berperilaku adil:


وَلَا تُفْسِدُوْا فِي الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَّطَمَعًا قلےاِنَّ رَحْمَتَ اللهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ (الاعراف: 56)

Impelementasi perilaku adil di
 masyarakat diantaranya dengan menerapkan:
  1. (1) sikap adil dalam mendamaikan perselisihan, yaitu dengan berlaku adil diantara kedua belah pihak yang bertikai dan mencarikan solusi yang memberikan rasa nyaman dan diterima oleh kedua belah pihak yang bertikai, sehingga kehidupan yang damai dan tenteram tercipta di masyarakat. (2) adil dalam berkata yaitu yaitu berkata dengan sebenarnya tidak menambah dan mengurangi perkataan yang berpotensi menyakiti orang lain (3) adil walupun terhadap musuh yaitu memberikan hak berbicara atau klarifikasi terhadap orang lain yang benci atau memusuhi kita dan menghargai kelebihan yang mereka miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggapan

Lifelong Education (Belajar Sepanjang Hayat). Dengan ilmu, semua menjadi mudah. Dengan seni, semua menjadi indah. Dengan agama, semua menjadi terarah. Kebersihan adalah Pangkal Kesehatan.