Materi Pembelajaran

MATERI PAIBP KELAS IX
SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2022/2023


KI dan KD:

Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal:
1.1     Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah 
          perintah agama.
2.1     Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
          az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 dan hadis terkait.
3.1     Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang 
          optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait.
4.1.1 Membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 dengan tartil.
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 serta
         hadis terkait dengan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
         an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.

Iman kepada Hari Akhir:

1.3 : Beriman kepada hari akhir.
2.3 : Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir.
3.3 : Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya.
4.3 : Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir.


Mengasah Pribadi yang Unggul dengan Tata Krama, Santun, dan Malu

1.7 : Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa maluajaran pokok agama.
2.7 : Menunjukkan perilaku dengan tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
3.7 : Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
4.7 : Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu.


Zakat Fitrah dan Zakat Mal

1.8 : Melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan syari’at Islam.
2.8 : Menunjukkan perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat.
3.8 : Memahami ketentuan zakat.
4.8 : Mempraktikkan ketentuan zakat.

Memahami Sejarah Perkembangan Islam Nusantara

1.12 : Meyakini bahwa berkembangnya Islam di Nusantara sebagai bukti Islam rahmatan li al-‘alamin
2.12 : Menunjukkan perilaku cinta tanah air sebagai implementasi dari mempelajari sejarah perkem-bangan Islam di Nusantara.
3.12 : Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
4.12 : Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan Islam di Nusantara.


MATERI PAIBP KELAS IX
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2022/2023


KI dan KD:

TOLERANSI DAN MENGHARGAI PERBEDAAN:
1.2 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbeda-an adalah perintah agama.
2.2 Menghayati perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Hujurāt/49: 13.
3.2 Memahami Q.S. al-Hujurāt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait.
4.2.1 membaca Q.S. al-Hujurat/49: 13 dengan tartil.
4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. al-Hujurat/ 49: 13 serta Hadis terkait dengan lancar.
4.2.3 menyajikan keterkaitan toleransi dan menghargai perbedaan dengan pesan Q.S. al-Hujurat/ 49: 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggapan

Lifelong Education (Belajar Sepanjang Hayat). Dengan ilmu, semua menjadi mudah. Dengan seni, semua menjadi indah. Dengan agama, semua menjadi terarah. Kebersihan adalah Pangkal Kesehatan.