Senin, 22 April 2024

Latihan soal

LATIHAN SOAL PAT

I.    Jawablah soal-soal berikut berdasarkan bacaan yang tersedia!

Bacalah dengan seksama bacaan Q.S. Al-Hujurat ayat 13 yang berupa potongan-potongan ayat yang bernomor di bawah ini dan kerjakan soal nomor 1 s.d. 3 berdasarkan bacaan tersebut!


   
       

1.      Urutan nomor yang benar dari potongan-potongan Q.S. Al-Hujurat ayat 13 di atas adalah ....

2.      Tiga pelajaran pokok yang terkandung dalam ayat tersebut yaitu:

1)      .................................................................................................................................................

2)      .................................................................................................................................................

3)      ................................................................................................................................................. 

3.      Terjemahan dari “Inna akramakum ‘indallaahi atqaakum.” adalah ....

 

Baca dan pahamilah dengan saksama bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 4 s.d. 7 !

 

BIOGRAFI NICK VUJICIC

 

Nick Vujicic adalah motivator dunia berkebangsaan Australia. Ia mengalami sindrom tetra-amelia, sebuah sindrom langka yang punya karakteristik tanpa lengan dan kaki. Ia lahir pada 4 Desember 1982 di Melbourne, Australia. Nick tumbuh dari keluarga yang sederhana ayahnya bekerja di kantor administratif dan ibunya seorang bidan juga perawat.

Saat lahir, ibu Nick Vujicic menolak untuk melihat sang buah hati ketika perawat merengkuh Nick di depannya. Namun, ibu dan ayahnya akhirnya menerima kondisi itu dan memahaminya sebagai “qadha’ dan qadar Allah Swt” Pengalaman tersebut Nick bagi lewat buku Life Without Limits (2007) yang merupakan buku pertamanya.

Di halaman situs webnya, ia menyatakan bahwa Nick kecil tidak hanya berurusan dengan permasalahan sekolah dan remaja seperti bullying. Nick kecil juga berjuang dengan depresi dan rasa kesepian sebagaimana ia sering mempertanyakan alasan ia berbeda dari semua anak lainnya.

Pria yang memiliki nama lengkap Nicholas James Vujicic itu memang punya masa kecil yang sedikit kelam karena perbedaan fisik yang dimilikinya. Saat berusia 10 tahun, Nick pernah mencoba bunuh diri dengan cara menenggelamkan dirinya di bak mandi sendiri karena bullying yang dialaminya di sekolah.

Saat remaja, Nick yang sudah mengenal cinta mulai menyukai seorang gadis. Kala itu, ia menyukai seseorang dan memendam perasaannya selama empat setengah tahun sebelum ia menyatakannya. Nick dan si gadis menjalani hubungan selama 18 bulan lalu berakhir begitu saja. “Rasanya seperti aku sudah mati,” ujar Nick.

Untungnya, Nick punya orang tua yang suportif. Saat usia 17 tahun, ibu Nick menunjukkan sebuah artikel tentang seorang laki-laki cacat yang berhasil mengatasi kekurangannya. Nick kemudian terinspirasi untuk jadi motivator dan memulainya dengan berbicara di kelompok-kelompok kecil. Ia menjadi orator profesional pada usia 19 tahun dan kariernya terus menanjak naik. Bahkan ia tidak saja sukses sebagai motivator melalui orasi-orasinya tetapi ia juga sukses menghasilkan karya berupa buku-buku terbitan yang terjual besar-besaran.

 

4.      Kondisi yang menimpa diri Nick dan keluarganya adalah merupakan contoh takdir mubram atau mu’allaq? Jelaskan alasannya!

5.      Setelah mengetahui bahwa bayinya lahir dengan kondisi yang cacat, apakah ibu dan ayah Nick bisa menerima dengan rela sebagai takdir Allah Swt atas kelurga mereka?

6.      Pada masa kecilnya menyadari kondisi diri yang berbeda dengan teman-teman lainnya  serta mendapati perlakuan dan cemoohan dari orang-orang di lingkungannya, bagaimana reaksi yang diperbuat oleh Nick?

7.      Hal luar bisa apa yang mampu membangkitkan semangat Nick sehingga akhirnya ia bisa mencapai kesuksesan yang amazing?

 

Perhatikan bacaan berikut !

Akikah dan Kurban Menumbuhkan Kepedulian Umat

 

Pernahkah kamu melihat proses penyembelihan hewan? Tata cara penyembelihan sudah diatur dalam Islam. Ada penyembelihan untuk tujuan konsumsi dan ada penyembelihan untuk tujuan ibadah. Penyembelihan untuk tujuan konsumsi berbeda syarat dan ketentuannya dengan penyembelihan untuk tujuan ibadah. Akikah dan kurban adalah dua penyembelihan untuk tujuan ibadah. Akikah dilaksanakan berkenaan dengan kelahiran seorang anak, kurban dilakukan berkenaan dengan hari raya Idul Adha.

Ketentuan Hewan Akikah

Mayoritas ulama sepakat bahwa hewan yang digunakan untuk akikah adalah kambing/domba. Hewan untuk anak laki-laki sebanyak 2 ekor kambing/domba dan untuk anak perempuan satu ekor kambing/domba. Adapun syarat kambing/domba akikah, yaitu a) Kambing/domba itu harus dalam keadaan sehat, tidak kurus, dan tidak cacat. b) Kambing/domba itu sudah berumur satu tahun lebih (sudah pernah berganti gigi).

Ketentuan Hewan Kurban

Jenis binatang yang diperbolehkan untuk dijadikan kurban adalah unta, sapi, kerbau, kambing atau biri-biri. Adapun ketentuan hewan-hewan tersebut adalah a) Unta yang sudah berumur 5 tahun. b) Sapi/kerbau yang sudah berumur 2 tahun. c) Kambing yang sudah berumur 2 tahun. d) Domba/biri-biri yang sudah berumur 1 tahun atau telah berganti gigi.

 

8.      Dari segi tujuan penyembelihan hewan dibagi menjadi 2 macam yaitu .... dan ....

9.      Di dalam syari’at penyembelihan hewan yang harus diputus pada leher hewan adalah tiga saluran yaitu ....

10.  Sebutkan syarat-syarat hewan yang boleh disembelih untuk akikah!

11.  Sebutkan syarat-syarat hewan yang boleh disembelih untuk kurban!

12.  Jelaskan dengan bahasa kamu bahwa dengan berkurban mendidik kita untuk membunuh sifat kebinatangan!

13.  Keluarga Pak Yahya melaksanakan ibadah kurban dengan cara patungan/gabungan dengan keluarga lain yaitu keluarga Pak Tayib dan Pak Umar untuk membeli seekor sapi gemuk. Dari keluarga Pak Yahya berkurban untuk 3 orang, dari keluarga Pak Tayib berkurban untuk 2 orang, sedangkan dari keluarga Pak Umar juga untuk 2 orang. Jika harga seekor sapi senilai Rp21.000.000,00 maka berapa uang yang dibayarkan oleh keluarga Pak Yahya?

 

Perhatikan bacaan berikut !

PERSATUAN UMAT ISLAM SELURUH DUNIA

DALAM SYARI’AT IBADAH HAJI

 

Setiap bulan Syawal sampai Dzulhijah, umat Islam di dunia ini banyak yang melaksanakan rukun Islam yang kelima, yaitu menunaikan ibadah haji ke Baitullah. Menunaikan ibadah haji adalah sesuatu yang amat dirindukan bagi setiap Muslim baik yang belum pernah maupun yang sudah berkali-kali melakukannya. Mereka berniat dengan sengaja mengunjungi Ka’bah untuk mengerjakan ibadah yang meliputi wukuf, thawaf, sa’i, tahalul, dan ibadah-ibadah lainnya dengan mengharap ridha dari Allah Swt. Menunaikan ibadah haji harus dilaksanakan dengan ikhlas.

Menunaikan ibadah haji memiliki makna bahwa kegiatan yang dilakukan oleh para jamaah haji merupakan napak tilas dari sejarah masa lalu yang pernah dilakukan keluarga Nabi Ibrahim a.s. sebagai simbol perjalanan hidup manusia sampai di alam akhirat. Semua ritual yang dilakukan membutuhkan kearifan bagi jamaah haji untuk mendalami hikmah di balik ibadah yang dilakukannya. Tujuannya agar ada perubahan tingkah laku setelah kembali ke daerah asalnya masing-masing dengan harapan mendapat predikat haji mabrur.

Kita ketahui bahwa ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam yang mampu. Allah Swt menjadikan ibadah ini sebagai salah satu dari lima rukun Islam. Rasulullah saw. menjelaskan kepada umatnya bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah haji.

Kita tahu bahwa dalam melaksanakan ibadah haji, ada beberapa syarat wajib bagi calon jamaah haji yang harus dipenuhi. Syaratnya itu antara lain sebagai yaitu beragama Islam, sudah baligh, berakal sehat, merdeka, dan mampu. Agar haji yang kita laksanakan menjadi sah, kita harus melaksanakan rukun haji. Rukun haji adalah serangkaian kegiatan yang apabila salah satunya tidak dikerjakan, hajinya tidak sah dan tidak boleh digantikan dengan dam. Rukun-rukun ibadah haji yaitu niat (ihram), wukuf, thawaf, sa’i, tahalul, dan tertib.

Selain melaksanakan ibadah haji juga diwajibkan mengerjakan ibadah umrah. Syarat dan rukun umrah adalah sama dengan haji hanya selisih satu rukun saja yaitu untuk ibadah haji menjalani wukuf di Arafah.

 

14.  Ibadah haji dilaksanakan pada bulan apa? (Nama bulan dalam kalender hijriyah)

15.  Apa makna dari kegiatan yang dilakukan oleh para jamaah haji?

16.  Kegiatan ibadah apa yang hanya dilakukan oleh jamaah yang menunaikan ibadah dan tidak dilakukan oleh jamaah ibadah umrah?

17.  Sebutkan 6 rukun ibadah haji?

 

Menelusuri Tradisi Islam di Nusantara

 

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki beragam suku, agama, ras, dan bahasa serta budaya. Kekayaan budaya ini tidak terlepas dari faktor sejarah bangsa Indonesia dari masa ke masa. Indonesia pernah mengalami berbagai macam zaman, seperti Hindu-Buddha, Islam, zaman penjajahan, kemerdekaan, sampai masa reformasi sekarang ini. Setiap zaman membawa pengaruh tersendiri bagi pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan di Nusantara.

Perkembangan Islam di Nusantara dari masa ke masa juga menambah khazanah dan kekayaan budaya. Para mubaligh dan penyebar Islam telah berhasil menanamkan akidah Islamiyah di Nusantara. Hal ini sekaligus memunculkan dan menumbuhkan kebudayaan baru. Baik itu budaya sebagai hasil pembauran dengan budaya sebelum Islam, maupun budaya yang lahir karena adanya nilai-nilai Islam.

Tradisi Islam di Nusantara ini muncul sebagai akibat dari ajaran agama Islam yang dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran Islam akan merasuk ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat sampai menjadi tradisi dan tata cara hidup. Sebelum kedatangan Islam, masyarakat Nusantara telah memeluk agama Hindu-Buddha sehingga penduduk Nusantara telah memiliki budaya, tata cara hidup dan adat yang mengakar kuat. Tumbuhnya Islam menyebabkan adanya akulturasi budaya. Kekayaan budaya ini harus dilestarikan supaya generasi mendatang juga dapat merasakannya. Sikap positif dalam memandang kekayaan budaya ini perlu dikembangkan. Kekayaan tradisi dan budaya dipandang sebagai warisan leluhur sekaligus merupakan titipan dari generasi mendatang.

Upaya pelestarian budaya ini dapat dilakukan dengan selalu menjaganya dari pengaruhfaktor  budaya luar. Kita harus menyaring budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai kepribadian bangsa dan Islam. Adapun tradisi dan budaya yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan nilai-nilai Islam dapat diterima dan dikembangkan.

Tiap-tiap daerah atau provinsi di Indonesia memiliki tradisi dan budaya yang khas. Tradisi dan budaya pada setiap daerah tersebut perlu diperkenalkan ke dunia luar sebagai kekayaan budaya bangsa. Hal ini juga dimaksudkan sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan tradisi dan budaya yang telah ada.

18.  Kekayaan budaya ini tidak terlepas dari faktor sejarah bangsa Indonesia dari masa ke masa. Sebutkan 5 (lima) zaman yang sudah dilewati oleh bangsa Indonesia!

19.  Apa yang menjadi sebab munculnya tradisi Islam Nusantara?

20. Apa yang kamu ketahui tentang tradisi halal bihalal dan tradisi megengan? Uraikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggapan

Lifelong Education (Belajar Sepanjang Hayat). Dengan ilmu, semua menjadi mudah. Dengan seni, semua menjadi indah. Dengan agama, semua menjadi terarah. Kebersihan adalah Pangkal Kesehatan.