Selasa, 02 Januari 2018

Save Our Students

JADIKAN GADGET PERBAIKAN PERILAKU SISWA



Inspirasi dari salah satu Pendidik/Guru SMPN 1 Mejayan “Sri Handajati,S.Pd.Ina” pembina ektrakurikuler (Ekskul) Jurnalistik telah meraih juara harapan 2 Lomba Nulis dan Cerita Cerpen dalam rangka HUT PGRI ke 72 Tahun 2017 di Wisma Guru Surabaya.

Lomba yang diikuti 57 peserta guru SD, SMP, SMA dan SMK se Jawa Timur dengan tema “ Jadikan Gadget Perbaikan Perilaku Siswa” yang dilaksanakan tanggal 12 September 2017.

“Sri Handajati,S.Pd.Ina” termasuk salah satu pengirim naskah pertama kali ketika awal dibentuknya Program “Cendekia Mejayan” oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun “Sodik Hery Purnomo S.Si” dan terbit di Radar Madiun dengan judul “Gudangnya Wartawan Cilik” pada hari kedua tanggal 5 April 2017.

Salah satu kutipan isi naskah yang telah terbit di Radar Madiun , yakni “Ada beberapa pendapat bahwa menjadi pembina ektrakurikuler (Ekskul) Jurnalistik sangatlah berat dan membutuhkan kerja keras. Bagaimana tidak? Guru pembina Ekskul Jurnalistik harus paham betul dengan dunia ”pers” misalnya rapat redaksi, penentuan tema, liputan, wawancara kemudian lanjut ke huting, headline, editing sampai ke proses layouting sebelum diterbitkan. Padahal materi ekskul jurnalistik tidak seserius seperti itu bahkan bisa disederhanakan sesuai kemampuan siswa setarap SMP, tergantung bagaimana tehnik guru pembina menyiasatinya.

Kembali ke permasalahan utama judul Tema yang diangkat oleh Panitia PGRI Jawa Timur, yakni “Jadikan Gadget Perbaikan Perilaku Siswa” adalah merupakan pendapat yang mempunyai beberapa arah tujuan yang berbeda-beda, karena pengguna Gadget apabila tidak bisa memanfaatkan perkembangan kemajuan ilmu teknologi dengan positif, tentunya justru menjadikan malapetaka bagi penggunanya.

Sebenrnya orang tua dari peserta didik membelikan gadget adalah dengan tujuan agar tidak terlalu ketinggalan jauh dengan perkembangan ilmu teknologi yang sangat pesat, karena aplikasi yang terpasang sudah banyak ragamnya dan dapat dimafaatkan bebas oleh siapapun.

Yang menjadi catatan penting bagi pengguna Gadget adalah gunakan dengan sebaik-baiknya, karena di dunia maya banyak komunitas, forum, group yang membahas berbagai banyak permasalahan tentang perkembangan ilmu teknologi jenis apapun, akan tetapi sebaliknya hati-hati dengan kelompok yang abal-abal justru akan menyesatkan pengguna.

Sekali lagi adanya komunitas, forum, group di dunia maya harus benar-benar dipelajari dan decermati tentang legalitas dari anggota yang tergabung di dalamnya, dipantau dulu jangan gegabah untuk memutuskan sesuatu, apalagi berhubungan dengan sumbangan atau dana, jangan langsung mengasih, harus dipertimbangkan dengan masak-masak.

Selamat dan semoga selalu menjadi sang inspirator bagi siswa/siswi Kabupaten Madiun, khususnya SMPN 1 Mejayan, dan sesuai Slogan dari Program Cendekia Mejayan “maju terus, hebat semua”. 

Sumber:
http://dindik.madiunkab.go.id/index.php/en/2017-03-19-12-43-33/sekretariat/979-jadikan-gadget-perbaikan-perilaku-siswa#comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggapan

Lifelong Education (Belajar Sepanjang Hayat). Dengan ilmu, semua menjadi mudah. Dengan seni, semua menjadi indah. Dengan agama, semua menjadi terarah. Kebersihan adalah Pangkal Kesehatan.